Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan Tanam Sayuran dengan Media Hidroponik

Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan cara taman sayuran dengan media Hidroponik

Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan cara taman sayuran dengan media Hidroponik

Kec.Harjamukti ( 8/10 ) – Dengan semakin berkembangnya sistem teknologi pada media tanam, saat ini  tidak hanya bisa menanam dengan media tanah saja,  bisa menanam dengan media air hingga barang bekas yang tak terpakai. Dengan begitu  akan lebih mudah dalam menanam berbagai macam tanaman mulai dari pohon, bunga, hingga sayuran.

Dan salah satu cara yang mudah dan praktis dari kecanggihan sistem menanam sehingga banyak orang melakukan sistem ini yaitu dengan cara hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan cara sederhana untuk menanam tumbuhan hampir sama dengan  kebanyakan orang lebih memilih sayuran karena lebih menguntungkan.

Sistem ini tidak perlu menggunakan banyak media tanah tetapi memanfaatkan air bernutrisi yang diperlukan oleh tanaman sebagai pengganti media tanah. Untuk medianya pun bermacam- macam mulai dari sabut kelapa, kain flannel, rock wool, batu bata, dan masih banyak lagi. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem hidroponik sehingga banyak orang yang menggemari sistem ini.

Senin  ( 8/10-2018 )  bertempat di Aula Kelurahan Harjamukti , Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan cara taman sayuran dengan media Hidroponik , acara ini dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan Harjamukti Tri Mardijani , Ketua TP PKK Kelurahan Harjamukti Eti Suhaeti dan Ketua Pokja III Purwati ,   Sekretaris Angky Wulandari dan   Nurhayati Ketua Pokja II TP PKK Kecamatan  Harjamukti.

Dalam sambutannya Tri mardijani mengatakan “ Tren baru menunjukan bahwa budidaya tanaman dengan sistem hidroponik sangat diminati  oleh masyarakat khususnya daerah perkotaan yang mempunyai karakteritis lahan yang sempit untuk membudi daya tanaman , fakta ini muncul sejalan dengan makin sempitnya lahan pertanian dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat  dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang higienis. Karena banyak Kelebihan menanam dengan media Hidroponik

  1. Lebih hemat dibandingkan dengan menanam di atas tanah, ini karena tidak perlu membeli berbagai macam nutrisi seperti berbagai macam pupuk.
  2. Lebih mudah karena anda tidak perlu menggemburkan tanah, melakukan pengapuran dan melakukan proses- proses yang harus di lakukan seperti menanam di lahan tanah pada umumnya.
  3. Hemat tempat, dalam melakukan cara hidroponik tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Cukup membutuhkan media seadanya yang bisa di manfaatkan.
  4. Tanaman seperti sayur tidak akan mudah terserang hama dan penyakit, selain itu sayur akan lebih sehat karena tidak memerlukan pestisida” ujarnya.

 

Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan cara taman sayuran dengan media Hidroponik

Pokja III TP PKK Kecamatan Harjamukti Sosialisasikan cara taman sayuran dengan media Hidroponik

 

 

 

 

 

 

Bagikan artikel
Posted in BERITA, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Kecamatan, Kelurahan, Kelurahan Larangan, PKK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *