UPT Puskesmas Kalijaga Permai Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga Di Kelurahan Kalijaga

Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Kel. Kalijaga (14/03) – Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga dilaksanakan pada hari kamis tanggal 14 Maret 2019 di Aula UPT Puskesmas Kalijaga Permai. Banyaknya kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) perlu diadakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk sebagai upaya penanggulangan penyakit demam berdarah.

Melalui program ini diharapkan satu rumah satu kader juru pemantau jentik ( jumantik ) agar pencegahan nyamuk DBD dapat tertangani karena kader jumantik lebih intensif melakukan gerakan pencegahan di lingkungan rumahnya masing – masing, mereka telah siap dengan beragam upaya mencegah keberadaan dan perkembangan jentik nyamuk yang selama ini menjadi penyebab utama DBD. Setelah melakukan pengecekan rutin, para jumantik di rumah akan mencatatnya di sebuah lembar kertas khusus. Keberadaan kader jumantik di level keluarga ini, dinilai sangat penting. Mengingat, potensi besar perkembangan jentik nyamuk juga berasal dari lingkungan rumah tangga.

Menurut dr. Aviesanandra Indukirana dari Puskesmas Kalijaga Permai, “Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albocpictus. Cara penularannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang telah membawa virus Dengue dari penderita lainnya. Nyamuk ini biasanya aktif menyerang manusia pada pagi dan siang hari. Virus Dengue masuk ke tubuh nyamuk melalui darah yang diisap oleh nyamuk tersebut dari seorang penderita DBD. Penanganan awalnya adalah minum air yang banyak, berikan obat penurun panas, kompres badan apabila panas tinggi dan segera bawa ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat “. Paparnya.

Sedangkan menurut dr. Zola, tindakan pencegahan DBD adalah :

  1. Pemberantasan sarang nyamuk melalui 3 M Plus ( menguras, menutup dan membuang dan menutup barang bekas yang dapat menampung air ) ;
  2. Pemberantasan vector / nyamuk dengan penyemprotan ( fogging fokus ) ;
  3. Kunjungan ke rumah – rumah untuk pemantauan jentik dan pembagian bubuk abate ;
  4. Penyuluhan dan kerja bakti untuk melakukan kegiatan 3 M.

Ada beberapa tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk, diantaranya :

  1. Lavender
  2. Sereh Wangi
  3. Zodia ( evodia sauveolens )
  4. Bunga Rosemary
  5. Granium ( pelargonium citrosa ).
Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Sosialisasi Jumantik Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga

Bagikan artikel
  • 11
    Shares
Posted in BERITA, Kecamatan, Kelurahan, Kelurahan Kalijaga, Puskesmas and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *