RW 18 Larangan Selatan Kelurahan Kecapi adakan kegiatan Kelas Ibu Hamil

RW 18 Larangan Selatan, melaksanakan Kelas Ibu hamil

RW 18 Larangan Selatan, melaksanakan Kelas Ibu hamil

Kegiatan Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA (Kesehatan Ibu anak).

petugas Puskesmas Larangan  melaksanakan kelas ibu hamil

petugas Puskesmas Larangan melaksanakan kelas ibu hamil

Tujuan diadakannya kelas ibu hamil adalah untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, perawatan persalinan, perawatan nifas, KB (Keluarga Berencana) pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos atau kepercayaan atau adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.

Kegiatan ini bagi ibu hamil dan keluarganya bermanfaat sebagai sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, mampu mempraktekkan, serta membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman.

Senin ( 29/10-18 ) bertempat di Baperkam RW 18 Larangan Selatan, Puskesmas Larangan melaksanakan Kelas Ibu hamil, acara penyuluhan ini dipandu oleh Bidan Masri

Dalam penyuluhannya bidan masri mengatakan  “ Tujuan kelas ibu hamil yaitu :

  • Meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama kehamilan,perawatan kehamilan,persalinan,perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat,penyakit menular dan akte kelahiran. MANFAAT KELAS IBU HAMIL Bagi ibu hamil dan keluarganya : merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya,mampu mempraktekkan, serta membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman.
  • Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang penyakit menular (IMS, informasi dasar HIV-AIDS dan pencegahan dan penanganan malaria pada ibu hamil)

Selain rangakaian materi di atas, bahan yang penting disiapkan adalah kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kesehatan ibu dan anak yang merupakan Pra-tes dan Post-tes.
Dengan ini, pengetahuan ibu hamil dapat diukur sebelum menerima pembelajaran dan sesudah menerima pembelajaran.

 acara penyuluhan  dipandu oleh Bidan Masri

acara penyuluhan dipandu oleh Bidan Masri

Peserta   Kelas Ibu hamil RW 18 Larangan  Selatan

Peserta Kelas Ibu hamil RW 18 Larangan Selatan

Posted in BERITA, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Kecamatan, Kelurahan Kecapi.